Friday, January 19, 2007

Mencari Berbagai Informasi Secara Mudah di Search Engine

Ada 8 langkah praktis yang bisa dicoba, yaitu memanfaatkan search engine. Caranya :

1. tentukan dulu informasi yang anda butuhkan.

2. pencet tombol Search di browser.

3. Maka, segera terpampang kolom Search di lajur kiri layar browser.

4. Pilih Search Engine yang tersedia. Mulai dari Google, Altavista, Yahoo, Hotbot dan lain sebagainya.

5. Taruhlah Anda memilih Search Engine Yahoo. Halaman utama Yahoo segera menawarkan kepada Anda sejumlah katagori: Education, Bussiness, Art & Humanities, Region dan sebagainya. Misalkan, Anda ingin mencari informasi tentang Departemen Pendidikan Kebudayaan, maka pilihlah katagori education.

6. Selanjutnya, Anda akan ditawarkan lagi untuk memilih subkatagorinya, untuk memperkecil lingkup informasi yang Anda cari.

7. Setelah itu ketikkan kata kunci (keyword) pada kolom Search, misalnya, kata Pendidikan atau Pendidikan Indonesia. Maka dalam waktu beberapa detik saja, Anda akan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Tak ada jeleknya, Anda menggunakan bantuan beberapa search engine sekaligus. Tujuannya agar informasi yang Anda perlukan, memang betul-betul yang memang dibutuhkan. Dengan menggunakan kata kunci atau keyword ada kejelekannya, yakni Anda bisa kebingunan karena akan muncul informasi yang tak relevan. Sebaiknya gunakan model pencarian dengan menggunakan keyword, apabila cara pertama tak membuahkan hasil. Saran lain: Gunakan sekaligus beberapa search engine dalam mendapatkan sebuah topik. Hal ini akan memberikan alternatif informasi yang lengkap.

8. Setelah informasi yang Anda cari telah ditemukan, segera bookmark situs tersebut pada browser Anda. Caranya? Klik tombol Favorites yang tersedia di browser Anda, klik Add, lalu klik. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membukanya kembali di kemudian hari. Cara ini di samping efektif, juga efektif untuk menghemat penggunaan pulsa.

__________

belum cukup jitu, gunakan teknik ini.

No comments: