Thursday, January 18, 2007

Kenali Peran Hati dan Jaga Kesehatannya (II)

Sehat dari makanan

Karena semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh pasti melalui hati maka nutrisi harus diperhatikan dengan benar agar hati tetap terjaga kesehatannya. Konsumsi makanan sehat dan bergizi secara proporsional. Kurangi jumlah makanan gorengan yang sangat berminyak dan berlemak. Dokter yakin risiko penyakit kantong empedu (termasuk batu empedu, penyakit yang terkait dengan liver) dapat dikurangi dengan menghindari makanan berlemak tinggi dan berkolesterol.

Jika Anda telah positif mengidap penyakit hati, kurangi konsumsi makanan yang diasapi, diawetkan, dan diasinkan. Cecap dulu makanan Anda sebelum ditambah garam. Sebagai pengganti Anda bisa menambahkan masakan Anda dengan Anda dengan lemon, bawang putih, bawang merah, lada, cengkeh, dan daun-daun pengharum masakan.

Makanan penutup, snack, dan aneka minuman mengandung kalori tinggi karena jumlah pemanisnya. Lebih baik diganti dengan buah-buahan.

Menjaga berat badan mendekati ideal. Para peneliti medis menetapkan korelasi langsung antara obesitas (kegemukan) dengan pengembangan penyakit empedu. Mereka yang kelebihan berat badan atau mengidap diabetes (kencing manis) akan berisiko tinggi potensi penyakit hati serius yang disebut non-alcoholic steatohepatitis.

Dan, jangan lupa untuk berolahraga secara rutin, dua atau tiga kali per minggu, untuk membantu menjaga hati sehat.

__________
bersambung...

1 comment:

ria said...

ih.. jadi takut deh ngebacanya. apa itu beneran mas ..??

memang benar kata mas, jangan lupa untuk berolahraga secara rutin, dua atau tiga kali per minggu, untuk membantu menjaga hati sehat.