Friday, January 19, 2007

Belum Cukup jitu, Gunakan Teknik Ini

Pencarian informasi/data menggunakan search engine di Internet kini cukup lumrah dilakukan pengguni alam cyber. Meski search engine merupakan titik awal mencari informasi di internet namun, ada beberapa teknik dan cara jitu untuk mencari di search engine untuk mendapatkan hasil pencarian yang terbaik.

Meski hanya sebagai rujukan dasar, karena tidak semua search engine menggunakan cara yang seragam, tapi teknik ini telah diterima dengan baik oleh rata-rata search engine populer (Populer Search Engine).

Berikut beberapa teknik mudah yang bisa digunakan untuk mendapat hasil pencarian dengan lebih baik itu :

Semua search engine kini memiliki fitur untuk melakukan phrase search (pencarian frasa). Biasanya, ini dapat dilakukan dengan hanya meletakkan tanda quotes "... " di antara frasa yang ingin dicari.

Jika Anda ingin mencari data mengenai Manchaster United Fan Club, misalnya dan Anda mengetikkan: Manchaster saja di kotak pencari, maka hasil pencarian yang diterima tidak akan menggambarkan hasil yang optimum yang bisa Anda dapatkan!

Tapi, dengan mengetikkan : "Manchaster United Fan Club" dalam quotes, menjadikan mesin pencari melakukan pencarian frasa. Dengan cara ini, hasil yang diterima akan jauh lagi baik ketimbang cara pertama.

Bila Anda tidak meletakkan frasa itu di dalam tanda quote, dan hanya mengetikkan: Manchaster United Fan Club, maka mesin pencari akan menganggap pencarian Anda sebagai carian keyword. Payahnya, bila ternyata hasil pencarian akan memaparkan Toko ikan Manchaster, Football Club bawah 12 Manchaster, Toko Kipas (Fan) Manchaster... dan sebagainya.

Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika melakukan carian adalah terlalu banyak hasil yang dipaparkan dan tidak ada kaitannya atau yang tidak dicari. Ada beberapa cara untuk menghindari dari masah-masalah ini:

Penggunaan AND (+) dalam pencarian anda akan mengurangi lagi tampilan hasil jika anda menggunakannya untuk specify carian. Sebagai contoh, jika anda inginkan informasi Manchaster United yang berkaitan dengan F.A cup, Anda perlu mengetikkan: "Manchaster United" + "F.A cup" (Bagi beberapa Search Engine, Anda perlu menggantikan tanda + dengan :AND).

Hasil pencarian yang dipaparkan akan menunjukkan site-site yang mempunyai informasi tentang pasukan Manchaster United dan F.A cup yang terdapat dalam database Search Engine. Tapi, bila Anda mencari sesuatu, tetapi hasil search engine memaparkan carian yang anda tidak perlukan, maka Anda bisa menghindari hasil tersebut dengan cara menggunakan NOT (-).

Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari informasi yang berkaitan dengan Manchaster United, tetapi bukan mengenai F.A cup, And perlu mengetik: "Manchaster United" - "F.A cup". Seperti AND, beberapa search engine perlu menukarkan - dengan : NOT.

Satu lagi cara yang dapat membantu pencarian anda adalah penggunaan OR. OR amat berguna jika pencarian anda dikenali dengan beberapa nama, sebagai contoh, penyanyi Prince. Juga dikenali sebagai The Artiste...

Bila anda mengetikkan: "Prince" "The Artiste", carian ini akan diterima oleh beberapa search engine sebagai carian atau (OR). Meski begitu, ada juga search engine yang perlu mengetikkan : "Prince" OR "The Artiste".

Sayangnya, salah satu masalah penggunaan OR adalah, tampilan hasilnya cenderung bertambah banyak, meski begitu dengan menggunakan cara ini, data yang ingin dicari pasti tidak akan dilewatkan.

1 comment:

formilist said...

berlaku juga ga sih syntak tersebut di yahoo search engine ..??

apa harus di google ..??
emang sih, sekarang search engine yang lagi naik daun adalah google.

abis hasil pencarian google emang 99% tepat sih. yah.... mau ga mau saya pake google search engine.