Saturday, March 10, 2007

Vitamin otak: wortel!

Kami pernah membahas bahwa kekuatan wortel untuk menyehatkan mata ternyata hanya mitos saja. Wortel terbukti hanya "menjaga" kesehatan mata, bukan menyembuhkan mata yang sudah kena penyakit. Kini malah terbukti, wortel membuat daya rangsang otak meningkat dalam hal mengingat.

Ternyata buah-buahan juga dapat mempengaruhi kerja otak. Buah-buahan mempunyai pengaruh yang sangat positif terhadap otak. Seperti wortel. Bila Anda ngin merangsang fungsi ingatan, Anda dapat melakukannya dengan menyantap buah-buahan segar dan wortel yang mentah. Kenapa? Ini karena gula alami merupakan salah satu kandungan dari buah. Bahan tersebut dapat merangsang ingatan lebih cepat, dan mengingat informasi dengan cepat.

Tidak hanya gula dan banyak lagi bahan kandungan yang terdapat di dalam buah yang bias merangsang kerja otak. Memakan beberapa wortel mentah, dapat menstimulasi kerja otak sekali dalam seminggu.

Sebaliknya buah dapat pula menimbulkan efek negatif yang memperlambat kerja otak. Yaitu bila tepung putih khususnya terdapat dalam campuran keju, dimakan bersamaan dengan buah, karena untuk memprosesnya diperlukan energi yang banyak. Dan banyak darah mengirim pada sistem pencernaan, jadi darah tidak banyak mengalir ke bagian kepala.

Memakan ayam kalkun, karena mengandung elemen racun yang kuat, sehingga membuat Anda mengantuk. Atau mengkombinasikan daging dan kentang. Karena kedua makanan itu mempunyai cara pembakaran yang berbeda, tubuh Anda memerlukan energi yang banyak untuk membakar makanan secara bersamaan, dibandingkan dengan memakannya dengan makanan lainnya.

Nah, teruslah memamah wortel, siapa tahu ingatan Anda kian hebat?

No comments: