Sunday, March 11, 2007

Hal-Hal Kecil Penguras Energi

Tahukah Anda, dalam sepanjang hari yang dilalui, tentu Anda menemui banyak hal-hal kecil, sepele, tapi justru menguras energi Anda. Tidak cuma energi dalam bentuk tenaga, tetapi juga energi pikiran, kekesalan, kemarahan, kesedihan--yang berakibat akan mengganggu kinerja Anda di kantor.

Apa yang harus Anda lakukan? Jawabnya hanya satu, hentikan. Percayalah, Anda tentu akan lebih terinspirasi dan termotivasi dalam pekerjaan. Di samping itu, Anda bisa mengerjakan lebih dari yang Anda harapkan.

Apa saja hal-hal kecil--yang menjengkelkan itu? Simak berikut ini:

1. Problem: Meja yang kotor
Solusi: Bersihkan! Jangan menaruh benda-benda yang tak berkepentingan di meja Anda. Buat file dokumen yang berserak, atau apa pun yang bisa Anda masukkan dalam file. Baca apa yang bisa Anda baca. Kumpulkan sampah-sampah yang ada dan enyahkan dari hadapan Anda.

2. Problem: Terjebak kemacetan
Solusi: Tinggalkan mobil Anda di rumah, gunakan saja bus untuk menghindari stress akibat kemacetan di jalan. Cobalah membaca sesuatu yang berguna.

3. Problem: Bad Mood
Solusi: Rencanakan membuat acara lucu-lucuan atau bepergian ke luar kota selama beberapa hari dalam minggu ini. Anda akan merasa lebih fresh dan memiliki sesuatu untuk menatap ke depan.

4. Problem: Menghabiskan terlalu banyak uang untuk soda dan snack
Solusi: Siapkan beberapa jenis makanan kecil di malam hari dan bawalah untuk cemilan di kantor. Bawa uang secukupnya saja, kalau perlu hanya untuk membayar parkir mobil.

5. Problem: Anda bermasalah dalam melakukan komunikasi dengan rekan kerja dan takut berbicara dengan atasan
Solusi: Bergabunglah dengan grup kepribadian untuk meningkatkan kemampuan Anda berbicara di depan umum. Praktekkan gaya bicara yang tegas dan lugas. Semoga berhasil.

No comments: