Friday, March 16, 2007

Hadapi Rekan Kerja yang Lagi Bete

Punya kawan baru di tempat kerja baru emang ada enak dan nggaknya. Enak kalau kebetulan teman baru itu asyik dan gampang diajak kerjasama. Dengan teman baru yang kaya gini, anda lebih mudah bekerjasama. Anda nggak segan bertanya dan belajar banyak darinya. Selain itu teman baru yang asyik juga bikin anda nggak canggung.

Tapi bagaimana seandainya teman baru yang anda hadapi 'jutek' alias nggak kooperatif. Boro-boro bisa ditanya ini itu, senyum aja nggak. Padahal sebagai orang baru, anda perlu banyak bertanya terutama seputar pekerjaan. Karena biasanya di tempat baru, ada hal-hal baru yang belum anda ketahui. Baik soal pekerjaan maupun pemakaian teknis fasilitas, seperti komputer, telepon, mesin foto kopi, mesin faks, dll. Karena kadang pemakaian fasilitas di kantor yang satu dan yang lain sedikit berbeda cara penggunaannya.

Tapi jika anda menghadapi masalah demikian di tempat baru 'don't be panic'. Coba anda perhatikan rekan-rekan baru anda. Di antara teman-teman baru yang 'jutek' pasti ada salah satu atau beberapa orang yang cukup ramah. Nah lebih baik anda bertanya pada mereka yang tergolong ramah. Soalnya orang-orang yang ramah biasanya cukup kooperatif. Mereka nggak akan keberatan memberi penjelasan jika anda menanyakan pekerjaan. Mereka juga akan memberi bantuan jika anda mengalami kesulitan.

Tapi jangan lantas menjauhi teman-teman yang nggak kooperatif. Untuk sementara maklumi aja. Mungkin mereka hanya satu atau minggu bersikap tidak bersahabat. Karena tentunya mereka pun butuh waktu untuk mengamati sikap anda di tempat baru. Selain itu jangan pernah sekalipun berbalik bersikap memusuhi. Sebagai orang baru anda harus tampil sebagai sosok yang bersahabat, sopan, dan profesional.

Saat istirahat jangan sungkan-sungkan untuk bergabung bersama mereka. Tarik perhatiannya dengan membicarakan hal-hal yang menarik, seperti film baru, hobi, atau ikutilah arus pembicaraan mereka. Berikan tanggapan positif atas pembicaraannya. Jangan putus asa kalau anda merasa 'agak dicuekin'. Percayalah jika anda bisa membawa diri dengan baik di tempat baru, teman-teman yang 'pelit senyum' itu lama-lama akan luluh juga. Justru mereka bisa berbalik ingin bersahabat dengan anda.

No comments: