Friday, March 9, 2007

Tetap Mulus di Musim Hujan

Di cuaca yang kian dingin, kulit pun jadi lebih gampang kering, bahkan gatal, yang membuat iritasi. Tapi jangan khawatir, selalu ada solusi. Mengatasi hal itu, ikutilah tips berikut.

Pertama, hindari penggunaan produk perawatan kulit yang sifatnya keras, seperti sabun. Untuk membersihkan wajah sebaiknya gunakan susu pembersih dan penyegar secukupnya. Biasanya penyegar mengandung alkohol yang mengeringkan kulit.

Sebelum mandi pagi, gosok tubuh Anda dengan menggunakan handuk atau sikat tubuh untuk menstimulasi sirkulasi tubuh serta merangsang kerja kelenjar minyak pada kulit.

Hindari pula suhu air yang terlalu panas karena kulit akan semakin kering. Setengah jam sebelum mandi, pijat tubuh dengan minyak kelapa atau minyak zaitun yang dihangatkan. Kemudian, mandilah seperti biasa menggunakan air hangat.

Sebaiknya, Anda gunakan pelembab yang dapat melindungi kulit dari kekeringan. Jika kulit Anda sangat kering, gunakan pelembab yang lebih berat teksturnya. Tapi kalau kulit Anda sensitif, gunakan pelembab yang teksturnya lebih ringan, seperti lanolin, pewangi dsb. Untuk kulit normalkering, gunakan pelembab sekaligus mengandung AHA agar dapat mencerahkan dan memlembabkan kulit dalam satu langkah. Terus, gunakan produk rian yang mengandung pelembab supaya kulit Anda selalu terlindungi.

Ketika berada di kantor, lindungi kulit dengan menyemprotkan pelembab semprot (facia spray) ke wajah. Untuk kulit tubuh, oleskan sesering mungkin body lotion, terutama setiap kali selesai mencuci tangan. Untuk perawatan di rumah sesekali gunakan masker yang melembabkan. Bisa juga dicoba cara sederhana ini yaitu campuran madu. 1 putih telur, dan 1 sdt minyak zaitun. Caranya, kocok putih telur dan campurkan dengan minyak zaitun. Setelah tercampur, tambahkan madu dan campur sampai rata. Bubuhkan ke wajah (jangan sampai kena mata) dan diamkan 15-20 menit. Kemudian, bersihkan dengan air hangat.

Cara terakhir, jangan lupa untuk minum air putih paling tidak sebanyak 2 liter air dalam jangka waktu antara bangun tidur pagi sampai saat tidur malam. Untuk menghindari kekuarangan cairan dalam tubuh yang dapat mengakibatkan pula kekeringan kulit kita.

Jadi, hujan bukan alasan untuk tak tampil cantik, kan?.

No comments: