Tuesday, March 13, 2007

Persatuan Suami Takut Istri ( disingkat : PSTI )

Tuntutan pekerjaanku sebagai wartawan sering meninggalkan rumah adalah hal yang biasa didunia jurnalistik .Berhubung penghasilanku tdk memadai untuk mencukupi kebutuhan keluarga,maka isteriku berusaha mencari pekerjaan dan diterima disalahsatu perusahaan minyak.Dalam tempo 5 tahun,isteriku mendapat posisi penting di perusahaan itu.Dia menjadi salah satu pimpinan sebagai decision maker atau yg menentukan kebijakan perusahaan. Satu hal yang membuatku kecewa adalah,dia terlalu mendominasi keputusan dalam kehidupan keluarga.Karena kami sering bertengkar,kami membuat kesepakatan untuk dipatuhi,tetapi tetap saja dia tdk mematuhinya.

Sebagai seorang isteri,dia merasa sdh berbuat yg terbaik buat keluarga seperti membantu biaya keperluan anak-anak.Dia merasa sdh mendukung suami terutama dalam hal keuangan.Dia sering menuduhku tdk memperhatikan kebutuhan isteri.Dia merasa bahwa dia jauh lebih baik,sehingga apapun keputusan yang saya buat selalu mentah.Dia yang berhak membuat keputusan bukan saya sbg suami.Menurut dia,saya terlalu lemah ,terlalu sabar dll. Didalam pertemuan keluarga,dialah yang berhak berbicara,bukan saya.Kalau dia marah seringkali membanting pintu dan pergi keluar.

Kehadiran isteri sering menjadi cemohan teman2ku.Dia tdk malu marah-marah dihadapan orang banyak.Saya termasuk pada barisan PSTI(Persekutuan Suami Takut Isteri).Demikianlah seorang suami mengomentari kehidupan keluarganya kepadaku.

Dari keluhan2 tsb mungkin banyak para suami mengalami hal serupa,dimana isteri yang memegang kendali thd kehidupan rumahtangga. Sedangkan suami dianggap tidak bisa membuat keputusan,karena posisinya lebih rendah dari isteri baik dalam penghasilan maupun intelektual. Akhirnya suami hanya ikut apa kata isteri atau Suami dibawah ketiak Isteri(DKI).

Ada beberapa hal yang memicu sehingga isteri menjadi decision maker atau isteri yang dominan seperti tertulis dibawah.

1.Isteri telah mandiri sebelum menikah,sedangkan suami masih anak mami(mama)
2.Isteri memiliki usia lebih tua dari suami.
3.Isteri datang dari keluarga yang bermartabat lebih tinggi dari suami
4.Isteri memiliki pendidikan lebih tinggi dari suami
5.Penghasilan isteri lebih tinggi dari penghasilan suami
6.Pangkat isteri lebih tinggi dari pangkat suami
7.Suami masih menganggur,sedangka n isteri sdh bekerja.
8.Isteri memiliki kekecewan/kepahitan dari suami.Suami mungkin pernah berbuat kesalahan fatal.
9.Sumai tidak PD ( Percaya Diri )
10 Suami memiliki kelemahan fisik(Impoten, cacat)
11.Isteri adalah anak pertama yang biasa mengatur adik2nya,sementara suami adalah anak paling bontot dan manja.
12.Isteri datang dari keluarga yg lebih kaya daripada keluarga suami.

Daftar diatas adalah sebagian penyebab yg membuat isteri menjadi dominan terhadap suami.
Bagaimana sikap wanita yang dinamakan isteri yang dominan terhadap suami?

No comments: