Monday, March 5, 2007

Cara Gampang Mempertebal Tulang

KERAPUHAN tulang atau osteoporosis kini mengidap hampir sebagian pria dan wanita muda, berusia 30 tahunan. Bahaya cidera, patah tulang, amat rentan mendera. Padahal, cara untuk menguatkan tulang ternyata gampang, dan murah, seta tak butuh banyak waktu. Syaratnya, kemauan keras untuk jogging.

Pria muda yang berusia 30-an dan terbiasa jogging ternyata memiliki tulang-tulang yang kuat dan kurang berisiko mengidap penyakit kerapuhan tulang osteoporosis. Demikian menurut penelitian Michael E. Mussolino di National Center for Health Statistics, yang merupakan bagian dari Centers for Disease Control and Prevention di Hyattesville, AS.

Mussolino melakukan analisa atas 4.254 pria -- 954 para pejogging dan 3.300 lainnya bukan pejogging. Semua sukarelawan bukan perokok atau mantan perokok. Hasilnya, mereka yang melakukan jogging sembilan kali dalam sebulan memiliki tebal tulang yang lebih ketimbang mereka yang jogingnya hanya sekali hingga delapan kali dalam sebulan. Jogging sedikitnya sembilan kali dalam sebulan membuat ketebalan tulang paling tidak 5 persen lebih tinggi.

Jadi, kalau Anda tak mampu, tak usah beli susu yang mengiklankan diri pemasok kalsium Anda, cukup jogging saja. Masa masih tak mampu?.

No comments: