Saturday, February 3, 2007

Vendor Keroyokan Garap Ponsel 3G Murah

Sekelompok vendor ponsel bekerjasama untuk menggarap platform ponsel 3G yang mendukung banyak standar. Diharapkan ini akan menurunkan harga ponsel 3G di dunia.

Kelompok ini termasuk NTT DoCoMo, Renesas Technology, Fujitsu, Mitsubishi Electric, Sharp, dan Sony Ericsson. Mereka akan bahu-membahu menghasilkan satu platform dasar ponsel yang mendukung standar HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access), W-CDMA (Wideband Code Division Multiple Access), GSM (Global System for Mobile Communications), GPRS (General Packet Radio Service) hingga EDGE (Enhanced Data Rates for GSM Evolution).

Ponsel yang menggunakan basis ini akan memiliki biaya produksi yang lebih rendah. Ini diharapkan akan menurunkan harga ponsel 3G di dunia.

Selain dasar-dasar teknologi telekomunikasi tadi, platform ini juga akan memiliki prosesor dasar, prosesor aplikasi dengan kemampuan multimedia, serta rujukan desain untuk audio dan power supply-nya. Sistem operasi yang akan digunakan untuk sementara ini baru Symbian.

Pengembangan platform ponsel ini direncanakan mulai pada kuartal kedua 2008. Saat ini kelompok yang sama telah mengembangkan platform yang mendukung W-CDMA, GSM, dan GPRS.

Sistem keroyokan ini akan membuat para vendor ponsel fokus pengembangan ponsel mereka pada fitur-fitur khas. Nantinya Renesas akan menjadi penjual platform ini secara global.

No comments: