Thursday, February 1, 2007

Apple AirPort Express Base Station

Router lengkap sebagai jembatan untuk komunikasi data dan suara.

Kalau ada alat yang bisa menghubungkan beragam peranti digital dan elektronik rumahan secara nirkabel, mungkin inilah jawabannya. Router nirkabel ini memiliki fungsi yang bermacam-macam.

Selain dapat berhubungan dengan komputer Macintosh dan PC biasa, peranti elektronik dan digital nirkabel pun kompatibel. Dengan menancapkannya ke PC, Anda bisa memainkan data audio di dalam PC langsung di iPod dari jarak jauh.

Bahkan bila Anda memiliki laptop berteknologi Wi-Fi, mengakses internet nirkabel di sekitar rumah pun bukan soal. Termasuk untuk mencetak dari laptop atau PDA tanpa harus terhubung ke printer.

Peranti berwarna putih mutiara dengan dimensi 94,01 x 75,00 x 28,5 mm dan bobot 189 gram ini memiliki dua mode kecepatan transfer data: AirPort Extreme dan Airport. Yang pertama berkecepatan sampai 54 Mbps (Megabit per second) Wi-Fi Certified 802.11g, sementara mode AirPort berkecepatan 11 Mbps Wi-Fi 802.11b.

Port-nya antara lain ethernet, USB 2.0 dan audio output. Terdapat lampu LED yang menyala hijau ketika peranti aktif, dan berwarna oranye ketika nonaktif.

AirPort Express yang memakai frekuensi 2,4 GHz ini menyediakan Stereo Connection Kit berisi power extension cord, kabel audio Monster mini-to-RC, dan kabel audio Monster mini-to-optical digital Toslink. Paket tambahan tersebut dijual terpisah, lho. Dengan kit tersebut Anda bisa memainkan file audio dari notebook ber-WiFi ke peranti home theater, perangkat stereo atau spiker berkoneksi analog atau digital.

Instalasi AirPort Express cukup mudah, apalagi buku manualnya cukup jelas. Sayang, Anda dipaksa untuk menginstal Quicktime player ketika menginstalnya.

Semua file yang ditransfer melalui AirPort Express bisa diatur melalui Airport Admin Utility. Apple juga memerhatikan keamanan transfer data dengan menyediakan enkripsi 40 bit dan 128 bit WEP, serta beberapa opsi Wi-Fi Protected Access (WPA). Opsi konfigurasi router seperti filter MAC, kemampuan mengubah kanal nirkabel, dan menamai jaringan (SSID) juga tersedia.

Anda tidak bisa menghubungkan peranti ini dengan jaringan wireless non-AirPort ketika enkripsi WEP aktif. Kendala ini tak muncul ketika peranti dihubungkan dengan jaringan kabel. Waktu reboot-nya yang agak lama daripada wireless router lain juga merupakan salah satu kelemahannya.

No comments: