Friday, June 15, 2007

Si kerdil [Teka Teki]

Di sebuah kerajaan nun jauh di sana. hiduplah 3 bersaudara orang kerdil yg sangat pintar. pada suatu hari, ketiga orang kerdil itu melakukan kesalahan kepada raja. Akhir nya raja itu memerintahkan untuk menangkap ketiga orang kerdil itu dan menghukum nya. Menurut hukum yg berlaku di kerajaan itu ketiganya harus dipenggal, tapi raja merasa sayang jika ketiga orang kerdil yang jenius itu harus dipenggal. akhirnya sang raja memberi teka teki kepada mereka.

Sang raja punya 5 topi. 3 warna merah, 2 warna biru, terus ketiga orang kerdil itu duduk berbaris. jadi orang kerdil ketiga duduk paling belakang. dia bisa liat orang kerdil ke 2 dan pertama. orang kerdil ke 2 duduk di tengah. dia cuma bisa liat orang kerdil pertama. dan orang kerdil pertama ngga bisa liat kedua saudaranya. trus mereka bertiga dipakein topi. mereka tidak tau warna apa yg dipakaikan kepada mereka. sisanya 2 topi lagi disimpen sama raja (ketiga orang kerdil itu juga ngga tau warna apa yg disimpen raja). lalu ketiga orang kerdil itu dikasih waktu 1 menit untuk menebak topi apa yg mereka pakai. mereka tidak boleh berbicara ato ngasih kode satu dengan lainnya. Jika salah satu dari mereka bisa menjawab dengan benar topi apa yang dipakainya maka ketiganya bebas. tetapi jika jawaban itu salah mereka semua dipenggal.

Pada detik ke 59 orang kerdil pertama (yang paling depan) berdiri dan berkata kepada raja warna topi yang dipakainya. dan jawaban itu benar. Raja kagum dan membebaskan mereka semua.

Pertanyaannya.... Apa warna topi yg dipakai orang kerdil no 1 (paling depan) itu ???

1 comment:

amelya said...

merah..
sebab topi merah ada 3 cukup untuk masing2 si kerdil yang ada 3 orang.. kalau salah seorang bisa jawab dengan bener, maka semuanya bebas.. artinya mereka memakai warna yang sama.. dan hanya warna merah yang ada 3..
gimana??