Thursday, June 7, 2007

Maksimalkan peluang sukses, atur segera hidup Anda

Kini saatnya membereskan segala sesuatu yang berantakan di sekitar Anda: Ambil sepatu-sepatu yang berserakan, lalu atur rapi di rak sepatu. Mungkin Anda malas atau kesal saat melakukannya. Hidup teratur itu memang identik dengan kebosanan, karena harus selalu penuh rencana dan serba sistematis. Jauh dari kesan fun dan asyik! Padahal kenyataannya, hidup teratur itu justru memberi kebebasan pada Anda. “Keteraturan memberi Anda kebebasan berkreasi, untuk berpikir dengan jernih, dan justru membuat hidup lebih nyaman,” jelas Carter-Scott. “Anda bisa mengatur aktivitas dan energi yang terpakai akan lebih efektif. Semua fungsi dari diri Anda akan berjalan dengan lebih baik, karena Anda lebih siap dan punya kontrol pada setiap langkah yang dibuat,” urainya.

Rudy, seorang penata rias dan rambut punya teori sendiri, “Agar pekerjaan berjalan mulus maka Anda harus punya manajemen waktu yang baik.” Dia lalu bercerita, “Saya hanya mau menerima pelanggan jika ia telah membuat janji sebelumnya dengan saya. Dengan cara ini, saya tahu dengan tepat segala hal yang harus saya kerjakan hari itu. Saya jadi dapat menyediakan waktu untuk lebih banyak pelanggan dan dapat bekerja dengan maksimal.”

Kalau begitu, Anda tak perlu terburu-buru dalam melakukan sesuatu hanya karena ingin cepat selesai. Anda akan stres dan malah tak kunjung dekat dengan tujuan Anda. Tips buat Anda: Buatlah to do list tiap pagi dan kegiatan yang jadi prioritas Anda (masukkan ‘istirahat’ di bawah daftar ‘proyek besar’ yang butuh energi lebih). Lalu, coret hal-hal yang tak terlalu penting (seperti cuci rambut di salon). Jadilah orang yang praktis, agar selalu punya waktu untuk menyempurnakan setiap pekerjaan Anda. Hal itu akan membuat Anda lebih fokus dan efisien dalam mengelola hal apapun.

No comments: