Wednesday, July 25, 2007

Masker Alami Menyegarkan Wajah

Salah satu cara mengembalikan kesegaran wajah adalah mengencangkannya kembali dengan masker. Pilihlah masker dari bahan alami, selain aman, mudah mebuatnya, harganya pun terjangkau.

Masker wajah merupakan perawatan kulit tertua pada terapi kecantikan. Pada zaman Mesir kuno, misalnya, lumpur dan tanah lempung sudah digunakan untuk mengenyahkan sel-sel kulit mati dan menyembuhkan luka.

Pada abad 17, pada perempuan Eropa mulai mencoba mengoles wajahnya dengan masker berbahan dasar susu dan telur. Makanan-makanan segar, bunga-bunga, dan herba pun mereka gunakan untuk membersihkan dan menyegarkan kulit wajah.

Sedangkan para perempuan di Amerika Selatan dan Mexico memanfaatkan alpokat untuk melindungi kulit dan rambut mereka dari paparan sinar matahari. Alpokat mengandung vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Mengembalikan Kelembapan
Selain melembutkan kulit, fungsi masker adalah membuka pori-pori yang tersumbat, serta mengenyahkan kotoran pada kulit wajah, baik sisa kosmetik maupun debu-debu akibat polusi. Masker juga dapat mengembalikan kelembapan dan kehalusan kulit. Memberi masker pada wajah sama dengan merilekskan ototo-otot wajah. Sebaiknya gunakan masker 1-2 kali seminggu, kulit akan tampak cerah dan kencang.

Berikut ini beberapa resep masker yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Selain bahannya mudah didapat, membuatnya pun tidak sulit.

Masker untuk kulit normal dan kering
Telur dan alpokat merupakan campuran pelembap yang baik. Alpokat mengandung 20% lemak. Apabila campuran tersebut ditambah mayones, kulit Anda akan terasa lebih lembut.

Bahan :
1 butir telur ayam kampung
1/2 bagian daging dari 1 buah alpokat yang sudah matang
1 sdt mayones (jika mungkin, pilih yang organik)
1 sdt baking soda
2 tetes minyak esensial (orange)

Masukkan alpokat, telur dan mayones ke dalam blender, lumatkan. Tambahkan madu, disusul bahan-bahan lainnya. Terakhir, masukkan baking soda. Masker ini sebaiknya langsung digunakan selagi segar dan hanya untuk sekali pemakaian. Jika bersisa, gunakan di sekitar leher dan dada.

Masker pencerah wajah dan lengan
Bahan :
1/2 bagian daging dari 1 buah alpokat yang sudah matang
1 sdm bubur tomat (tomat segar yang sudah dilumatkan)
1 sdm perasan air jeruk lemon

Lumatkan alpokat dengan bahan-bahan lainnya hingga berbentuk pasta lembut. Oleskan pasta pada wajah, leher, dan tangan. Biarkan selama 20 menit sebelum mencucinya dengan air hangat. Keringkan kulit dengan handuk bersih. Untuk kulit yang sangat kering, sebaiknya tidak menggunakan bubur tomat, melainkan tambahkan 1 sdt madu pada ramuan tersebut.

Masker antikerut
Bahan :
1 buah wortel ukuran besar
1 sdm minyak zaitun atau minyak almond

Parut wortel sampai halus (gunakan parutan dari food processor). Setelah siap, taruh dalam wadah. Masukkan minyak zaitun atau minyak almond ke wadah tersebut, dan aduk sampai menyatu. Simpan dalam kulkas, dinginkan ramuan selama 1-2 jam.

Oleskan dengan lembut ramuan tersebut di sekitar mata dan pipi. Biarkan selama 30 menit. Berbaringlah dengan mata tertutup dan rileks. Bersihkan wajah dengan air hangat.

Masker untuk kulit berminyak
Bahan :
1 putih telur (dari telur ayam kampung)
1/2 sdt perasan jeruk lemon atau cider vinegar (cuka asam)

Kocok putih telur, tambahkan perasan air jeruk lemon atau cuka asam. Oleskan pada wajah yang sudah dalam keadaan bersih. Setelah 10 menit, cucilah wajah. Jangan khawatir apabila masker terasa sangat ketat pada kulit, ini normal.

Masker untuk mengatasi leher yang kendur
Bahan :
1 sdm madu
2 sdm minyak almond

Campur kedua bahan tersebut dan gosok secara lembut campuran tersebut pada leher, dengan bantuan sikat kering yang lembut. Diamkan 30 menit, dan bersihkan dengan air hangat. Gunakan masker ini sekali seminggu, leher Anda akan lebih lembut dan lebih halus.

Masker Yoghurt-Lemon
Menggunakan yogurt secara teratur membuat tekstur kulit lebih lembut. Yogurt juga mengandung kalsium.

Bahan :
1/2 gelas yogurt tawar
5 tetes air jeruk lemon

Campur kedua bahan tersebut, oleskan pada wajah, dan biarkan masker selama Anda rileks di bak mandi. Masker akan mengering dan kulit terasa kencang. Seusai mandi, bersihkan wajah dengan cara memercikkan air dingin. Keringkan wajah dengan handuk bersih.

Masker Mentimun
Resep ini dicoba untuk menyegarkan kulit pada musim kemarau. Mentimun merupakan astringent alami. Setelah memakai masker ini, kerutan-kerutan pada wajah akan berkurang.

Bahan :
1 buah mentimun ukuran kecil
1-2 sdm susu skim
1 sdt madu
Beberapa tetets cuka apel (Apple cider vinegar)
Sedikit es yang sudah dihancurkan

Potong-potong mentimun, taruh dalam blender. Tambahkan susu, madu, cuka apel, serta es. Campur sampai halus. Segera gunakan pada wajah dan leher. Duduk dan rileks sambil mendengarkan musik lembut. Anda juga bisa mengompres mata dengan potongan mentimun. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat dilanjutkan dengan air dingin.

1 comment:

Yohana said...

Hello, Bro...Numpang Promo Ya

Mampir Yuuk Ke Site Q, Dijamin Prouct2xnya MurMer, Bro...
Julienne Bleach Cream 40 ml aja Cuma Rp.50.000,-, Gitu Juga Yg Aloe Vera, Nah..Yg 100 ml Cuma Rp.150.000,- ( BuatCe Or Co Bisa, Bro!) This Product Bisa Mutihin KUlit Sejak Pertama Kali pemakaian, No Animal Tested, No Mercury, No Hydroquinon, Da Banyak Yg Pake Kok, Ok, Bro...& Sista2x
Dilirik Yu' http://resellerjuliennebleachcream.blogspot.com